Home

Thursday, November 27, 2008

Manfaat Angin Nitrogen...

Manfaat Angin Nitrogen (N2) Bagi Ban Mobil dan Ban Sepeda Motor Anda...

Angin atau udara yang dipompakan kedalam ban melalui kompresor mengandung :

1. Gas Nitrogen (N2)
2. Gas Oksigen (O2)
3. Uap air ( H2O)

Karet ban itu punya porositas, walaupun kedap air tapi gak akan kedap gas. Ukuran gas oksigen itu lebih kecil dari ukuran molekul gas nitrogen. Tekanan gas dalam ban akan memaksa gas-gas ini untuk meloloskan diri dari ban, yang paling cepat keluar adalah gas Oksigen dan dalam waktu 1 bulan saja tekanan ban bisa berkurang sekitar 1 s/d 2 psi, demikian juga dengan uap air (H2O)

a. Oksigen adalah zat oksidan yang kuat (oksidator), dengan bantuan suhu yang panas, oksigen ini akan melakukan oksidasi pada kandungan karet ban, proses ini yang disebut dengan proses PENUAAN BAN (Aging Proses) sehingga BAN akan cepat menjadi keras (tidak lentur lagi) dan akan retak-retak.

b. Pada ban itu ada tali besi (Steel Belt) untuk memperkuat ban, pada saat meloloskan diri, Oksigen dan Uap air yang melewati stell belt ini akan bereaksi sehingga menyebabkan Steel Belt berkarat. Jika Steel Belt udah karatan ... tentu gak kuat lagi ... akibatnya Ban disamping keras ... akan mudah meledak.

Disamping itu, pada suhu panas di dalam ban, kerja sama antara Oksigen dengan Uap air akan dapat mengakibatkan karat pada lapisan dalam Velg.

Mengisi dengan Nitrogen mempunyai kelebihan :

1. Ukuran molekul Nitrogen relatif lebih besar dari rata-rata besar porositas Karet BAN ... ini berarti hanya sedikit N2 yang dapat meloloskan diri dari dalam BAN ... hasil akhirnya tekanan BAN akan tetap stabil dan hanya berkurang sebesar 1 psi dalam waktu 4 ke 6 bulan ( Kalau ban tidak bocor / bocor halus ).

2. Nitrogen bukanlah Oksidator, ini berarti tidak ada reaksi oksidasi dengan karet ban sehingga proses penuaan ban (Aging) akan berjalan dengan lambat sekali yang hasil akhirnya BAN akan tetap LENTUR dan Gak PECAH-PECAH.

3. Nitrogen juga tidak bereaksi dengan Steel Belt ... kemungkinan karat pada steel belt dan permukaan dalam velg jadi tidak ada ... Velg dan Steel belt akan tetap kuat ... dalam arti meminimalkan kemungkinan BAN Meledak.

4. Pemanasan Nitrogen relatif cukup lambat ketimbang O2 dan uap H2O ... akibatnya tekanan ban dengan menggunakan nitrogen gak cepet naik.

Itulah perbedaan angin Nitrogen ( N2 ) dengan angin biasa langsung dari kompresor, ngak rugi kan kalau bayar sedikit tapi mendapat keuntungan yang lebih banyak, bagi yang sudah tahu buruan ganti angin ban sepeda motor dan mobil anda dengan nitrogen ( N2 ) sebelum bannya minta ganti lagi.